What You Should Prepare Before Traveling with Parents

Hai.. Saya mau tanya nih! Seberapa banyak waktu dalam satu minggu yang kita habiskan untuk bekerja, berjejaring, atau berkegiatan di luar pekerjaan? Adakah setidaknya satu hari yang benar-benar digunakan untuk quality time bersama keluarga? Adakah setidaknya beberapa jam dalam sehari yang kita gunakan untuk sekedar ngobrol bersama keluarga?

Atau banyak jam setelah pulang kerja yang kita habiskan hanya untuk scroll up gadget hingga tertidur? Atau mungkin weekend juga kita habiskan sekedar untuk kongkow bersama teman?

Lalu pernahkah kamu terpikir apa yang dirasakan oleh kedua orang tua saat waktu luang kamu tidak digunakan untuk sekedar mengobrol bersama mereka seperti ketika masih kecil. Saya ingat sekali, dulu setiap pulang sekolah saya menceritakan apapun yang terjadi di sekolah, kegiatan apa yang saya lakukan, atau bagaimana susahnya soal ulangan yang harus dijawab.

“Ma, tadi adek dapet nilai 100 pas ulangan Biologi sama Matematika!”

“Pak, adek mau ganti ekskul Badminton ya!”

“Ma, adek ikut Lomba Paskibra minggu depan”

Sedangkan, saat sudah dewasa dan bekerja saya seolah ‘meninggalkan’ mereka dalam kesepian. Terkadang komunikasi menjadi tidak lancar, sering ada kesalahpahaman dan sering terjadi konflik, meskipun sepele, antara saya dan orang tua.

Nah, setelah intropeksi diri saya merasa ada ‘yang hilang’ dalam cara berkomunikasi dan cara berinteraksi dengan kedua orang tua, khususnya Mama (karena Bapak sudah wafat). Setelah itu, saya berusaha memperbaikinya dengan mengajak Mama liburan. Sejak 4 bulan saya siapkan liburan ini, karena pertama kalinya traveling berdua dengan Mama.

Setelah membeli tiket pesawat untuk kepulangan dan tiket kereta api untuk keberangkatan, saya baru memberitahu Mama tentang liburan ini, ya ala-ala surprise gitu hehe. Saya pilih Yogyakarta sebagai destinasi, sekalian bisa mudik ke Semarang.

Nah, kira-kira apa saja ya yang perlu dipertimbangkan saat bepergian bersama orang tua? check this out!

  1. Destinasi

Saat bepergian dengan orang tua, destinasi menjadi hal utama yang perlu diperhatikan, pilihan tempat wisata alam, wisata sejarah budaya, dan wisata belanja rasanya tepat untuk dikunjungi. Saat di Jogja, kami mengunjungi Candi, Tebing Breksi, Taman Sari hingga De Mata Museum. Tak lupa mengajak Mama belanja di Pasar Beringharjo

2. Transportasi

Jangan lupa, agar tetap bahagia selama liburan siapkan transportasi yang nyaman untuk orang tua. Ya kalau saya sendiri yang traveling bersama teman biasanya gak terlalu mikirin kenyamanan tapi disesuaikan sama budget hehe. Lain halnya kalau pergi bersama orang tua, semua harus disiapkan hingga ke transportasi keberangkatan, kepulangan, dan selama city tour. Selama di Jogja saya memilih sewa mobil untuk 2 hari dan sewa motor untuk 1 hari. Alhamdulillah dapat referensi sewa mobil yang tidak mahal dari teman.

3. Penginapan

Banyak teman menyarankan untuk menginap di hotel atau penginapan yang murah meriah, karena menurut mereka hanya akan dipakai tidur selama beberapa jam saja selama liburan. Menurutku, ketika ngajak Mama liburan yaa saya akan berusaha menyiapkan segala sesuatu yang membuat Mama nyaman, terutama penginapan. Setelah googling aku memutuskan menginap di Greenhost Hotel, karena selain terlihat nyaman dan banyak mendapat review baik, hotel ini instagramable juga lho! hehe (baca juga review saya)

4. Itinerary

Rencana perjalanan ketika bepergian bersama teman dan bersama orang tua tentunya berbeda. Stamina dan kondisi fisik orang tua tentunya tidak sekuat kita yang masih muda, jadi pastikan kamu menyusun rencana perjalanan dengan teliti dan detil. Jangan terlalu berambisi ingin mengunjungi semua tempat tetapi sangat penting memikirkan kondisi fisik orang tua. Saat ke Jogja lalu, saya keliru menyusun rencana perjalanan dimana saya merencanakan mengunjugi dua candi sekaligus, yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Ternyata itu sangat melelahkan bagi Mama karena harus menaiki ratusan tangga dan berjalan kaki cukup jauh sedangkan saya yang masih muda ya kuat saja. Kami juga gagal mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo karena hujan, tapi ya tidak masalah. Ini jadi lesson learned untuk membuat rencana perjalanan selanjutnya.

5. Outfit

Tentu saja pakaian menyesuaikan dengan kondisi geografis destinasi yang akan dikunjungi dan cuaca atau musim saat kamu bepergian. Tapi sekali-kali coba untuk memakai outfit dengan tema senada atau kembar. Pasti akan seru dan bagus banget saat di posting di Instagram! hehe

Menurutku beberapa hal ini sangat penting diperhatikan sebelum melakukan perjalanan bersama orang tua. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan : “It’s not about where you go, it’s about who you travel with” jadi buatlah setiap perjalanan bersama orang tua menjadi kebahagiaan dan cerita berkesan untuk mereka. Dan siapa tahu bisa menjadikan kamu lebih dekat dengan orang tua seperti ketika kamu masih kecil. Dan yang paling penting adalah kenyamanan orang tua saat traveling.

Okay! Sudahkah kamu merencanakan perjalanan bersama orang tua kamu? Rencanakan dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *