UlanTrip

[REVIEW] A Homey Kulem Homestay

Happy Weekend!

Duuuhh masih ingin liburan di Bandung! Kalo bisa tinggal disana juga mau, hehe. Biarpun banyak orang bilang Bandung yang sekarang lebih panas udaranya tapi tetap saja nyaman untuk disinggahi atau ditinggali.

Mulai dari tempat wisata, kuliner, factory outlet hingga café kekinian ada di Bandung. Selain itu, jarak yang cukup dekat dari Bekasi juga membuat Kota Bandung tetap ramai dikunjungi walaupun kadang jarak menjadi terasa ‘jauh’ karena macet yang tidak manusiawi (apalagi kalau long weekend) haha. Berapa lama kamu pernah terjebak macet selama perjalanan ke Bandung, guys?

Lalu setelah bermacet ria, rasanya ingin istirahat dengan nyaman ya di penginapan? Tapi terkadang penginapan yang kita pesan tidak sesuai dengan ekspektasi belum lagi kalau harus menginap di hotel dengan serombongan keluarga dibawa semua. Waduh! Khawatir budget membengkak,deh!

Nah! Daripada pusing cari penginapan yang recommended, aku mau kasih rekomendasi homestay di Bandung nih. Namanya Kulem Homestay.

Picture paradé dulu, deh! Hehe

First thing first, take a picture!
Kulem Homestay Living Room

Salah satu bedroom di Kulem Homestay
Kulem Homestay Frontview
Kulem Homestay from 2nd floor

Jadi awal ceritanya, aku dan teman kantor (Ria, Erna, dan Sunita) pernah merencanakan liburan ke Bandung, lebih tepatnya ini rencana dari tahun lalu. Tapi ya batal haha. Akhirnya awal tahun 2018 muncullah ide untuk merealisasikan rencana liburan ke Bandung, waktu itu diputuskan akhir Februari kita liburan,yeaaaay!

Langsung saja aku buat itinerary plus cari homestay di airbnb. Awalnya aku mau menginap lagi di homestay daerah Dago Pakar karena selain tempatnya nyaman dan bagus harganya juga cukup murah, tapi apa daya per tahun 2018 harganya sudah naik. Lalu browsing di airbnb akhirnya menemukan Kulem Homestay. Kulem dalam bahasa sunda berarti tidur (please, correct me if i’m wrong).

Kesan pertama tentang Kulem Homestay?

 

Bagus dan instagramable

Beberapa foto yang ditampilkan di Airbnb menunjukkan bahwa homestay ini bagus dan nyaman dijadikan tempat menginap. Yang tidak kalah penting, setelah aku stalking instagram nya, Kulem Homestay ini instagramable lho! Cocok untuk kita, millenials. Hehe


Lalu, bagaimana dengan kesan kedua dan seterusnya? Nih, aku jabarkan satu per satu.

 

Cukup Strategis

Saat aku cek di GMaps dan instagram ternyata Kulem Homestay ini terletak di wilayah Gegerkalong. Cukup dekat dengan beberapa tempat wisata seperti : NuArt Sculpture Park (sekitar 15 menit), Amazing Art World (sekitar 15 menit), Punclut (sekitar 30 menit), Dago Dreampark (sekitar 30 menit), Farmhouse Lembang (sekitar 30 menit), Orchid Forest Cikole (sekitar 48 menit), dll.

Lokasinya di perumahan cluster membuat homestay ini memiliki suasana yang tenang.

 

Baca juga : Sensasi Menginap di Greenhost Hotel Yogya, Hotel yang Unik dan Instagramable

 

Fasilitas yang nyaman, cukup memadai, dan bersih

Kulem Homestay memiliki tiga kamar dan dua kamar mandi yang cukup untuk menampung 7-10 orang. Terdapat berbagai fasilitas seperti : kulkas, TV, Hot Water, kompor, peralatan masak, peralatan makan, handuk dan Wi-Fi. Jarang sekali ada homestay yang menyediakan Wi-Fi, kan? Lebih dari itu, Kulem Homestay sangat nyaman ditempati, homey dan bersih. Cocok untuk liburan bersama keluarga kamu. Dan uniknya, mostly furniture di Kulem Homestay ini ber-merk IKEA. Haha

 

Host dan pengurus rumah yang ramah dan fast response

Pak Faisal sebagai pemilik rumah sangat ramah dan fast response. Saat pertama kali menghubungi, aku cukup banyak bertanya tentang homestay miliknya bahkan saat itu aku diberitahu bahwa ada orang lain yang sedang akan booking. Tapi host nya tidak lantas menolak semua pertanyaanku dan itulah yang membuatku kembali menanyakan availability homestay nya di tanggal lain karena saat pertama aku kalah cepat transfer DP hehe. Selain itu, pengurus rumah yaitu Pak Candra dan Ibu Farida juga sangat ramah dan cekatan.

 

Memiliki review yang sangat baik

Apa yang lebih penting dari bagusnya homestay dan fasilitas yang diberikan? Ya, review dari orang-orang yang pernah menginap di Kulem Homestay. Hal ini juga yang selalu menjadi perhatianku saat mencari penginapan (hotel maupun homestay) dimanapun.

Honest review dari orang lain yang pernah menginap di Kulem Homestay sangat positif dan memberikan nilai hampir sempurna sehingga menjadikannya Superhost (istilah di airbnb untuk host dengan penilaian sangat baik).

 

Cocok untuk Staycation

Kalau kamu datang ke Bandung hanya untuk staycation, Kulem Homestay juga nyaman lho sekedar untuk staycation. Siapkan saja bahan makanan dan cemilan yanh cukup. Oh! Jangan lupa juga siapkan film untuk ditonton bersama keluarga.

 

Harga yang cukup affordable

Oh iya! Yang pasti sangat kamu pertimbangkan selain beberapa reason tadi, harga menjadi salah satu faktor penentu ketika akan memutuskan booking sebuah penginapan, kan? Saat aku menginap di Kulem Homestay, tarif per malamnya sembilan ratus ribu rupiah. Dengan empat orang dewasa yang menanggung sharing cost, maka per orang atau per keluarga (karena dua temanku membawa serta suami dan anak-anaknya) hanya membayar seratus lima puluh ribu rupiah lho! Coba bandingkan dengan penginapan lain bertarif serupa? Akankah mudah kamu dapat yang senyaman ini? Hehe. Makanya aku bilang harganya cukup affordable, apalagi kalau menginap bersama teman jadi bisa sharing cost.

 

Mungkin, ini saja yang bisa aku bagikan tentang Kulem Homestay yang terletak di Bandung. Rasanya, aku ingin menginap disana saat punya kesempatan kembali ke Bandung. Adakah diantara kalian yang pernah merasakan pengalaman sama sepertiku? Boleh sharing juga lho pengalamannya.

So, kapan liburan ke Bandung? Hehe

 

4 Comments

  • Mega

    Kalau buat liburan rame-rame, praktis banget ya. Saya tertarik sama lokasinya yang di atas sih (meskipun orang Bandung, tapi ya, males kalo dari rumah harus nembus macet tengah kota hahaha). Thanks sharingnya, lumayan dapet info kalo-kalo mau bawa keluarga ke Bandung atas 🙂

    • ulanhapsari

      Halo Mbak, salam kenal 😊
      Waah Mbak Mega orang Bandung? Hihi iya Mbak, recommended untuk keluarga.
      Terima kasih udah mampir Mbak 😊

    • ulanhapsari

      Sama-sama Pak.
      My pleasure to give honest review and share it to others 😊
      Semoga saya punya kesempatan menginap kembali di Kulem Homestay ya Pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *