UlanRekomendasi

[REVIEW] Sebamed and Cetaphil; Perfect Combination for Acnes Prone Skin

Girls, bete gak sih kalau punya wajah yang jerawatan, bruntusan, dan banyak bekas jerawat. I suffered it for almost 9 months!

Capek banget (capek hati, uang, pikiran) ngurusin muka selama sembilan bulan ini yang lagi breakout parah. Tipe kulit wajahku memang berminyak sehingga cenderung berjerawat tapi dari dulu wajahku selalu bersih (Alhamdulillah) kalaupun ada jerawat paling hanya satu atau dua jerawat aja dan cepat hilang. Bekas jerawat pun gak sampai lama sudah hilang.

Jadi ternyata semua ini berawal saat aku ganti dari BB Cream Revlon ke DD Cream salah satu produk lokal. Kupikir kulit wajahku gak sensitif sehingga akan cocok menggunakan produk lain (dan memang selama ini gak pernah ada masalah setiap kali ganti produk untuk make up gitu). Ternyata aku salah, ketika menggunakan DD Cream kulit wajahku yang ternyata sensitif gak cocok sama DD Cream ini dan yang lebih parah aku gak menyadari hal itu sehingga tetap menggunakan DD cream tersebut selama beberapa bulan.

Alhasil, jerawat makin banyak, meradang dan terasa gatal. Dan selama 6 bulan ini sudah coba berbagai macam produk untuk jerawat, tak terkecuali tea tree oil yang katanya produk andalan banyak orang untuk menghilangkan jerawat dan laser treatment. Tapi semua itu gak memberikan hasil apa-apa bahkan jerawat makin meradang. Uang yang dikeluarkan pun jelas gak sedikit.

Gak sampai disitu, beberapa orang juga ‘ngeh’ dengan kondisi wajahku yang sekarang jauh berbeda akibat banyak jerawat! Uggh! Mulai dari pertanyaan sampai solusi mereka lontarkan saat bertemu denganku

“Lan, kok sekarang jerawatan?”

“Eeh Wulan lagi perawatan apa? Jerawatnya keluar semua gitu?”

“Mungkin dokternya gak cocok kali, Lan”

“Coba ke dokter A deh, Lan, banyak yang cocok”

Atau kalau ke drugstore pasti jadi sasaran Mbak SPG

“Mbak, sebelum pakai sunblock ini baiknya pakai cream ini untuk jerawatnya”

“Mbak, coba minum ini juga deh supaya gak hanya dari luar aja tapi dari dalem juga obatin jerawatnya”

Dan masih banyak respon lainnya. Aku tahu mereka care sama aku. Tapi aku juga gak mau asal coba produk untuk sembuhin jerawat di wajahku dan aku juga belum berani ke dokter kecantikan karena yang aku dengar tuh cocok-cocokan kayak nyari jodoh. Sampai akhirnya seorang teman menyarankan untuk ganti facial wash yang tidak banyak busa.

Setelah browsing dan membaca review dari orang-orang dengan pengalaman sama. Akhirnya aku ketemu dua merk yang sepertinya paling aman untuk kulit sensitif, yaitu : Sebamed dan Cetaphil.

Kedua merk ini sudah puluhan tahun ada dan telah teruji. Dan banyak orang menyatakan keduanya bagus untuk semua jenis kulit terutama kulit sensitif apalagi berjerawat. Aku menggunakan Cetaphil Oily Skin Cleanser dan Sebamed Coloured Anti Pimple Cream.

Cetaphil Oily Skin Cleanser

Dilihat dari kemasan Cetaphil Oily Cleanser biasa saja kelihatannya, hanya berbentuk botol ukuran sedang berwarna putih dan tutup warna biru.

Facial wash ini berbentuk cair agak mirip seperti gel dengan warna transparan. Tidak wangi dan hampir tidak berbusa saat diusap ke wajah. Sensasi setelah cuci muka dengan Cetaphil Oily Skin Cleanser ini, kulit wajah jadi terasa lembut dan tidak terasa seperti ‘ketarik’. Kalau menggunakan facial wash lain, biasanya ada sensasi seperti ‘ketarik’ gitu kulit wajahnya.

Tekstur Cetaphil Oily Skin Cleanser

Yang paling penting dari semuanya, perlahan jerawatku mulai berkurang. Hanya dengan mengganti Facial Wash? Ya! Secara perlahan kulit wajah yang awalnya banyak jerawat meradang, besar-besar, dan gatal mulai berkurang. Padahal sebelumnya, saat muncul jerawat tuh langsung banyak dan besar-besar padahal jerawat yang di sisi ini belum hilang sudah muncul lagi di sisi lain.

Ingredients Cetaphil Oily Skin Cleanser :

Cetaphil ini mengandung methylparaben tapi berada di urutan paling terakhir jadi kandungannya pasti yang paling sedikit dan gak menimbulkan alergi di kulitku jadi masih tidak apa-apa. Kecuali kalau kamu pengguna skincare yang sangat menghindari paraben.

Oh iya, Cetaphil Oily Skin Cleanser ini harganya sekitar dua ratus ribuan. Memang cukup mahal kalau dibandingkan dengan facial wash lainnya yang ada di drugstore, tapi Cetaphil Oily Skin Cleanser ini awet banget. Satu botol Cetaphil Oily Skin Cleanser biasanya habis kurang lebih selama 4 bulan, jadi kira-kira per bulan cost -nya hanya lima puluh ribu rupiah. Kalau dibandingkan dengan efek yang diberikan rasanya gak terlalu mahal ya, hehe

Sebamed Coloured Anti Pimple Cream

Lalu apakah cukup dengan mengganti facial wash? Tentu saja tidak! Memang setelah penggunaan Cetaphil Oily Skin Cleanser, jerawat-jerawat baru hampir tidak ada. Tapi masih ada beberapa jerawat yang masih tertinggal, apalagi kalau mendekati periode menstruasi jerawat pasti muncul. Nah untuk mengatasi itu aku menggunakan produk sebamed, yaitu Sebamed Coloured Anti Pimple Cream. Bentuknya tube kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana dan tidak memakan space yang banyak di pouch make up kamu.

Cara penggunaannya, cream ini dioleskan ke jerawat sebelum menggunakan bedak. Tapi berhubung jerawatku yang sebelumnya banyak hingga meninggalkan banyak bekas jerawat, jadilah aku oleskan juga cream ini ke daerah yang ada bekas jerawat karena yang aku pakai ini coloured cream sehingga berwarna cokelat dan kalau dioleskan berfungsi juga untuk menyamarkan bekas jerawat, lho, mirip seperti concealer tapi ini lebih ringan. Sebamed anti pimple cream ini ada dua jenis yang coloured dan tidak, dimana kalau yang tidak coloured bentuknya gel berwarna transparan dan cepat meresap saat dioleskan ke jerawat.

Setelah dioleskan Sebamed Coloured Anti Pimple Cream ini, jerawat langsung mateng esoknya dan perlahan mengering. Tapi untul jerawat yang agak besar, butuh 2-3 hari sampai bisa kering.

Nah, kalau Sebamed Coloured Anti Pimple Cream ini harganya per tube-nya sekitar seratus ribu rupiah. Mahal? I’ll tell you again, satu tube Sebamed Coloured Anti Pimple Cream ini habis dalam waktu kurang lebih 6 bulan dan kalau dibandingkan dengan efek yang diberikan rasanya tidak terlalu mahal ya. Hehe

Foto sebelah kiri adalah kondisi wajahku saat jerawat meradang. Foto sebelah kanan adalah foto setelah kurang lebih 5 bulan menggunakan Cetaphil dan Sebamed

Kurang lebih selama 5 bulan aku mengkolaborasikan kedua produk ini, hasilnya sangat memuaskan. Cetaphil Oily Skin Cleanser dan Sebamed Coloured Anti Pimple Cream sangat aku rekomendasikan untuk kamu yang sedang memiliki masalah jerawat meradang dan kulit sensitif. FYI, salah satu temanku ada yang sensitif kulit tubuh nya (bukan kulit wajah saja ya, tapi hampir seluruh tubuhnya) lalu menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser, hasilnya sekarang kulitnya jauh lebih baik dan tidak sensitif lagi. Wow!

Ketika menghentikan penggunaan DD Cream yang tidak cocok di wajahku itu, aku fokus pada penyembuhan jerawat meradang yang diakibatkan olehnya sehingga aku tidak menggunakan produk BB Cream atau foundation apapun. Sehari-hari setelah cuci muka dengan Cetaphil Oily Skin Celanser, aku hanya menggunakan sunscreen, Sebamed Coloured Anti Pimple Cream dan bedak.

Baru sejak Februari tahun 2018 ini aku berani menambahkan beberapa produk ke dalam skincare routine ku. Ya, karena aku merasa kondisi kulit wajahku sudah jauh lebih baik sekarang. Nah sekarang fokusku adalah bagaimana caranya menghilangkan bekas-bekas jerawat. Semoga skincare yang kupakai sekarang mampu menghilangkan bekas jerawat, ya! Nanti aku share lagi kalau sudah menunjukkan hasil. Hehe

4 Comments

    • ulanhapsari

      Hallo kak, temanku jg ada yg tidak cocok pakai cetaphil gentle cleanser padahal sebenarnya kulit dia berminyak spt kulitku hehe. Iya kak, pakai sebamed memang harus sabar hehe. Terima kasih sudah mampir

    • ulanhapsari

      Hallo Kak Venna.. Untuk sunscreen aku pakai Skin Aqua yg UV Moisture Milk spf 50 (botol biru), untungnya cocok pakai Skin Aqua dan juga teksturnya cair dan ringan
      Di kulitku yg berminyak, sensitif dan acne prone tidak ada masalah Kak 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *