[My 2018 Resolution] Menjadi lebih bermakna di tahun 2018

[My 2018 Resolution]

 

Bagai senja yang datang mengakhiri hari, 2017 akan segera berakhir. Namun, sebuah akhir juga bisa menjadi indah untuk sebuah awal yang baik

Menjelang akhir tahun 2017, saatnya berkontemplasi atas apa yang telah saya lakukan dan apa yang telah saya raih selama tahun 2017. Rasanya hal ini lebih tepat dilakukan ketimbang mengakihiri tahun ini dengan pesta pora padahal belum tentu setahun kemarin hidup yang kita jalani lebih bermakna dibandingkan tahun sebelumnya.

Kemudian menyusun segala perencanaan dan impian selama setahun kedepan menjadi lebih penting agar langkah-langkah yang akan diambil di tahun 2018 menjadi lebih mantap dengan segala pertimbangan. Merencanakan resolusi di tahun mendatang juga perlu didahului evaluasi terhadap resolusi tahun ini dan memperhatikan skala prioritas. Terlalu dini? Rasanya tidak! Karena menyusun rencana target/goal selama setahun kedepan bukan suatu hal yang main-main.

Apa saja resolusi yang belum tercapai tahun ini? Apakah resolusi tersebut masih layak menjadi resolusi tahun berikutnya? Bagaimana urgency resolusi yang akan disusun?Bagaimana target pencapaian di tahun mendatang?

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat kamu munculkan sebelum menyusun resolusi tahun 2018. Nah, ini nih beberapa resolusiku di tahun 2018!

  1. Quality time with Mom

Dengan padatnya rutinitas, seringkali diprotes sama Mama karena jarang di rumah. Kerja sampai malam, weekend ikut kegiatan komunitas, atau kumpul sama teman. Nah, semoga di tahun 2018 aku bisa punya Quality time lebih banyak sama Mama. Makan bareng di luar, nonton bareng, dan jalan-jalan bareng jadi agenda di tahun 2018. Di tahun 2017 menyempatkan diri untuk liburan bareng Mama, semoga tahun 2018 bisa lebih sering ajak Mama jalan-jalan.

 

  1. Belajar berenang

Haha, mungkin bagi sebagian orang ini sepele. Bahkan anak SD pun bisa berenang, tapi aku? Di usia 26 tahun baru mau belajar berenang? Jadi awalnya aku merasa berenang bukan suatu kebutuhan hingga saat aku traveling ke beberapa tempat dan mencoba ‘nyemplung’ ke air, aku baru merasa deh manfaatnya bisa berenang. Setiap kali masuk ke air aku selalu panik, takut, dan teriak-teriak walaupun sudah memakai jaket pelampung (mirip seperti kucing masuk ke air gitu! Hahaha). Tapi setelah naik lalu masuk lagi ke air memang sudah tidak panik.

Alasan kedua, setiap kali snorkling aku gak bisa puas menikmati keindahan bawah laut, karena gak bisa berenang dan takut. Huft!

Salah satu alasan ingin bisa berenang supaya bisa lihat keindahan alam bawah laut. Kalau di foto ini cuma masukin kamera ke dalam air! Haha

Semoga di tahun 2018 sudah bisa berenang!

  1. Traveling berfaedah

Biasanya orang-orang traveling sekedar jalan-jalan, foto-foto, dan belanja saja. Di tahun 2018 saya ingin menjadikan traveling lebih berfaedah, entah dengan membawa buku-buku bacaaan untuk diberikan ke anak-anak di sekitar tempat wisata atau dengan mengikuti Kelas Inspirasi di luar kota.

  1. Rajin menulis blog

Saya masih newbie dalam dunia blogger, masih perlu banyak belajar dan latihan. Tapi saya punya keinginan untuk setidaknya dua kali dalam sebulan bisa menulis di blog saya, supaya gak melulu jadi blogger yang mentok di draft saja. hehe

5. Belajar mendongeng

Ini salah satu resolusi yang belum tercapai di tahun-tahun sebelumnya. Ya, saya ingin bisa mendongeng. Selain untuk bekal ketika sudah punya anak nanti (ciyeeeeee..) saya juga ingin bisa mendongeng agar punya metode mengajar yang baru ketika menjadi relawan pengajar di kegiatan komunitas yang saya ikuti.

6. Perbaiki diri dan rajin ikut kajian

Rasanya, sebanyak apapun mimpi atau sepanjang apapun daftar resolusi yang kita susun pada akhirnya kembali lagi kepada Sang Maha Pencipta. Maksudnya, semua itu tidak akan bisa terwujud kalau kita lupa bersyukur kepada Yang Maha Kuasa.

Contohnya, dipertemukan dengan Jodoh pasti menjadi impian setiap wanita termasuk aku. Tapi, aku harus ingat mungkin memang waktunya belum tiba sehingga aku tetap perlu bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk memperbaiki dan memantaskan diri sebelum akhirnya dipertemukan dengan si Jodoh. Nah salah satu upaya memperbaiki diri juga bisa dengan rajin ikut kajian agar semakin banyak bekal dan ilmu tentang agama. Aaaamiiiin

Semoga tahun 2018 menjadi tahun yang lebih baik dan lebih bersinar bagiku dari segala aspek, ya! Intinya, aku ingin menjadikan 2018-ku lebih bermakna, tidak banyak mengeluh dan selalu bersyukur atas segala pencapaian. Bagaimana dengan kamu?

 

-ulanhapsari-

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *