Waspada terhadap Anyang-anyangan!

Hello Ladies!

Awal tahun ini, dokter mendiagnosa Mama mengidap penyakit batu ginjal. Huhuhu ? Beberapa bulan lalu,  Mama sempat dirawat di Rumah Sakit karena ternyata mengidap Batu Ginjal.

Aduuh, aku ikut merasa ngilu setiap kali beliau meringis kesakitan saat sedikit saja bergerak di tempat tidur ketika dirawat. Dan apakah kalian tahu sebelum didiagnosa  terkena Batu Ginjal, Mama dirawat karena keluhan apa? Karena Anyang-anyangan! Yang selama kurang lebih satu bulan beliau rasakan.

Guys! Siapa yang belum pernah merasakan anyang-anyangan? Aku pernah merasakannya. Anyang-anyangan atau yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah Infeksi Salurah Kemih (ISK) merupakan suat kondisi dimana kamu merasa ingin Buang Air Kecil (BAK) tapi hanya keluar sedikit urine nya dan rasa ingin Buang Air Kecil ini frekuensinya cukup sering juga terasa sakit.

Ternyata 50% atau 5 dari 10 perempuan pernah mengalami Anyang-anyangan lho! Oleh karena itu, tadi aku tanya apakah kamu pernah mengalaminya? Karena memang perempuan rentan terkena Infeksi Saluran Kemih atau Anyang-anyangan bahkan bisa terjadi Infeksi Saluran Kemih Berulang.

Terbayang, kan, betapa sakitnya Buang Air Kecil (BAK) ketika sedang mengalami anyang-anyangan? Nah sebenarnya apa sih gejala dan penyebab Infeksi Saluran Kemih atau anyang-anyangan ini?

Seperti dikutip dari www.uricran.co.id gejala anyang-anyangan diantaranya :

1. Hasrat berlebih Buang Air Kecil

2. Sering Buang Air Kecil tapi volume nya sedikit-sedikit

3. Sakit saat Buang Air Kecil

4. Demam

5. Nyeri pada bagian panggul

Selain gejala tersebut, ternyata anyang-anyangan bisa terjadi karena beberapa sebab, antara lain:

1. Kebiasaan membersihkan kemaluan saat Buang Air Kecil dari belakang ke depan sehingga Bakreri E.Choli yang berada di dalam usus besar dan sekitar anus menginfeksi saluran kemih, bahkan jika diabaikan bisa menginfeksi ginjal

2. Adanya batu ginjal sehingga kandung kemih terganggu kinerjanya ketika mengeluarkan urine

Untuk kasus Mama adalah yang kedua sehingga saat ke dokter beliau harus dicek urine dan darah. Kemudian dokter minta dilakukan beberapa tes, seperti USG dan CT Scan untuk mengetahui ukuran dan lokasi batu ginjal serta melihat kondisi ginjal Mama.

Alhamdulillah, batu ginjal pada tubuh Mama masih tergolong kecil sehingga bisa melalui tindakan ESWL.

Lalu apakah kita harus sampai terkena penyakit batu ginjal dulu agar menyadari pentingnya menjaga kesehatan saluran kemih? Tentu tidak, kan! Karena tentunya biaya berobat tidaklah murah dan rasa sakitnya tidak terbayangkan, Ladies.

Yuk kita mulai cegah sakit buang air kecil atau anyang-anyangan! Bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini :

1. Hindari minuman yang bersifat diuretik, seperti mengandung kafein dan alkohol

2. Minum air putih yang cukup untuk mengeluarkan bakteri dan melancarkan Buang Aur Kecil

3. Minum ekstrak Cranberry karena air putih saja tidak cukup!

Nah! Untuk poin terakhir pasti kalian bertanya-tanya tentang apa itu Cranberry dan bagaimana caranya membuat ekstrak Cranberry, kan?

Buah Cranberry (sumber : google)

Jadi, Cranberry (Vaccinium Oxycoccos) merupakan tanaman jenis Berry yang tumbuh liar dan biasa ditemukan di Amerika Utara dan Kanada. Berbeda dengan Blueberry, Buah Cranberry berwarna merah tua dan mengandung antioksidan proanthocyanidins yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab Infeksi Saluran Kemih. Antioksidan tersebut juga memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak berkembang dan menempel pada saluran kemih sehigga dapat mencegah penularan infeksi. Wow!

Kalian juga tidak perlu khawatir karena sudah ada cara praktis mencegah Anyang-anyangan, yaitu dengan rutin minum Prive Uri-cran Plus 1-2 sachet per hari. Tinggal seduh pakai air dingin and voila! Jus Cranberry siap diminum untuk mencegah Anyang-anyangan dan untuk memelihara saluran kemih.

Prive Uri-Cran Plus ini berbentuk bubuk yang mengandung :

375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,
0.1 mg Bifidobacterium bifidum

Rasanya enak, ada sedikit rasa asam karena ekstrak alami Cranberry, kemasannya praktis dan warna larutannya PINK! Hehe

Yang paling penting! Prive Uri-cran Plus bisa diminum kapan saja dan dimana saja. Anti ribet deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *